Seorang dosen dengan berbagai keilmuannya dituntut atau wajib untuk bisa menghasilkan karya tulis sesuai dengan kemampuan atau keahliannya. Hal itu bahkan tertuang secara formal pada UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 12 ayat 3 mengenai pengembangan budaya baca tulis sivitas akademik dan Permen PAN-RB No. 17/2013, Pasal 7 Huruf C tentang pelaksanaan penelitian.

Pelaksanaan penelitian yang meliputi antara lain menghasilkan karya ilmiah, menerjemahkan/menyadur buku ilmiah, mengedit/menyunting karya ilmiah, membuat karya yang dipatenkan, serta membuat karya seni monumental/seni pertunjukan/karya sastra.

Selain melaksanakan kewajiban di atas, menulis juga dapat meningkatkan kreativitas dan kualitas seorang dosen. Dengan menulis, otomatis dosen selalu dituntut untuk mengupdate pengetahuannya secara teoritis maupun praktis.

Untuk membantu dosen meningkatkan kualitas menulis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin mengadakan Workshop buku ajar dan karya ilmiah populer 8 – 9 November 2017.

Tema yang diangkat adalah “Designing Learning Materials: A Gateway to Pedagogical Development”.

Pada kegiatan itu setiap peserta diminta menyusun dan mempresentasikan buku ajar dan karya ilmiah populer yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemudian, pemateri akan memberikan catatan atau umpan balik terhadap buku ajar dan karya ilmiah populer yang disajikan peserta.

Narasumber materi buku ajar adalah Dr Sainul Hermawan, M.Hum, seorang pakar pembelajaran sastra dari ULM Banjarmasin yang sudah berpengalaman dalam menulis artikel maupun buku.

 

(Dr. Sainul Hermawan, M.Hum memaparkan materi tentang penulisan buku ajar)

 

Sedangkan narasumber materi karya ilmiah populer adalah Muhammad Yamin, M.Pd, juga dari ULM Banjarmasin, beliau seorang dosen sekaligus penulis berpengalaman.

 

(Peserta menulis artikel ilmiah populer yang dengan arahan dan masukan dari Moh. Yamin, M.Pd)

 

Acara dihadiri pimpinan STKIP PGRI Banjarmasin dan seluruh dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris, ditambah dosen-dosen dari prodi lain seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan PGSD.

Selain mengetahui cara membuat buku dan artikel, ada hal-hal berguna terkait dengan pekerjaan seorang dosen yang dapat disimpulkan dari kegiatan worshop itu.

Pertama, menulis dapat sebagai alat pengembangan karier. Kedua, menulis dapat meningkatkan kesejahteraan. Terakhir, menulis dapat meningkatkan kredibilitas lembaga tempat dosen bekerja.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *